Doa Nabi Luth

doa nabi luth

Ini ialah doa Nabi Luth ketika berhadapan dengan kaumnya.

Nabi Luth merupakan nabi ketujuh dalam senarai 25 rasul yang perlu diteladani. Nabi Luth hidup sezaman dengan Nabi Ibrahim. Suatu hari, Nabi Luth diperintahkan Allah untuk meninggalkan Mesir menuju Sodom, yang saat ini berada di sepanjang timur laut, Laut Mati.

Ketika sampai di tempat kaum Sodom, Nabi Luth terkejut melihat perbuatan keji mereka.

Berikut kisah Nabi Luth dalam kitab suci Al-Quran:

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِۦٓ إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ ٱلْفَٰحِشَةَ مَا سَبَقَكُم بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِّنَ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Luth berkata kepada kaumnya: “Sesungguhnya kamu benar-benar mengerjakan perbuatan yang amat keji yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun dari umat-umat sebelum kamu”. (Qs.Al-Ankabut: 28)

أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ ٱلرِّجَالَ وَتَقْطَعُونَ ٱلسَّبِيلَ وَتَأْتُونَ فِى نَادِيكُمُ ٱلْمُنكَرَ ۖ فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِۦٓ إِلَّآ أَن قَالُوا۟ ٱئْتِنَا بِعَذَابِ ٱللَّهِ إِن كُنتَ مِنَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Artinya: Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun, dan mengerjakan kemungkaran di tempat-tempat pertemuanmu? Maka jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan: “datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar.” (Qs.Al-Ankabut: 29)

Doa Nabi Luth

قَالَ رَبِّ ٱنصُرْنِى عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْمُفْسِدِينَ

Qāla rabbinṣurnī ‘alal-qaumil-mufsidīn

Artinya: Luth berdoa, “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu.” (Qs. Al-Ankabut: 30)

Doa ini dikabulkan oleh Allah dan dijelaskan dalam Surat Asy-Syu’ara ayat 170-173. Allah SWT berfirman:

فَنَجَّيْنٰهُ وَاَهْلَهٗٓ اَجْمَعِيْنَ ۙ اِلَّا عَجُوْزًا فِى الْغٰبِرِيْنَ ۚ ثُمَّ دَمَّرْنَا الْاٰخَرِيْنَ ۚ وَاَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَّطَرًاۚ فَسَاۤءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِيْنَ

Artinya: Lalu Kami selamatkan dia bersama keluarganya semua, kecuali seorang perempuan tua (istrinya), yang termasuk dalam golongan yang tinggal. Kemudian Kami binasakan yang lain. Dan Kami hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu.

Wallahua’lam

sumber – idntimes

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat Komen Sebelum Ini